Membuat File HTML dengan Notepad

Dalam membuat suatu website ataupun blog kita sudah pernah mendengar ataupun sering menulis dengan menggunakan HTML. HTML merupakan singkatan dari “HyperText Markup Language”  adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penelusuran web Internet dan mengubah format teks  besar menjadi sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML.

Sekarang sudah banyak software atau aplikasi editor yang digunakan dalam pembuatan HTML. Jika Anda menggunakan Windows, kita dapat memanfaatkan notepad sebagai editor untuk menulis HTML. notepad memiliki salah satu antarmuka pengguna yang paling sederhana dari setiap perangkat penulisan web.

Menggunakan Notepad

Untuk mengetahui bagaimana menggunakan notepad, silahkan mencoba ikuti beberapa tahapan berikut ini.

1. Membuka Notepad. Jika menggunakannya pada windows, Notepad bisa ditemukan dengan menekan Start> Programs> Accessories> Notepad, Atau bisa juga dengan mengetikkan “notepad” pada menu pencarian dari tombol start windows.

2. Setelah masuk pada lembar kerja notepad, coba ketikkan beberapa baris berikut ini:

“Selamat datang di lembar latihan Saya”

Kali ini Saya sedang mencoba HTML menggunakan notepad

3. Coba simpan dan lihat hasilnya, klik menu file pilih save as dan ganti “save as type” menjadi “All Files”, kemudian ketik File name-nya dengan extensi “.html” (contoh: notepadweb.html), kemudian tekan “save” dan keluar dari aplikasi notepad.

Selanjutnya buka “notepadweb.html” yang telah disimpan tadi dengan browser kita (internet explorer, opera, mozila, atau google chrome). Jika ingin melakukan perubahan, buka file “notepadweb.html” tersebut dengan menggunakan notepad (bisa dilakukan dengan meng-klik kanan file tersebut dan pilih open with). Lakukan perubahan, simpan/ save (bukan save as). Coba reload kembali file “notepadweb.html” tersebut dari halaman browser. Lihat perubahnnya, kreasikan sesuai keinginan kita.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat Smile (jf).

Artikel Lainnya di Blog Ini, Silahkan Baca :

0 komentar: