Cerita Menarik Seputar Perencanaan SEA Games 2011

Hitung mundur yang diperkirakan 100 hari lagi merupakan momen pesta olahraga Negara-negara Asia Tenggara 2011 yang akan siap digelar. Acara ini diselenggarakan selama 11 hari terhitung sejak 11 November 2011 sampai dengan 22 November 2011.

SEA Games ke-26 pada tahun 2011 ini, Indonesia merupakan sebagai Negara penyelenggara acara tersebut. Sebagai “Tuan Rumah” SEA Games ke 26, Indonesia terus membenahi dua kota besarnya Jakarta dan Palembang. Pembenahan ini dilakukan sebagai upaya untuk memantapkan kesiapan penyelenggaraan event Internasional tersebut.

Palembang yang merupakan sebagai kota penyelenggara utama, akan memusatkan pertandingan SEA Games ini di Kompleks Olahraga Jaka Baring dan pusat olahraga Gelora Sriwijaya Palembang, sedangkan untuk di kota Jakarta, gelanggang pertandingan akan dipusatkan di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Pada tempat penyelenggaraan turnamen olahraga tersebut akan dipertandingkan berbagai nomor lomba dari 44 cabang olahraga dan akan memperebutkan 542 medali emas. Uraian mengenai cabang olahraga dan gelanggang yang akan digunakan silahkan lihat di sini >> Cabang Olahraga dan Gelanggang SEA Games 2011 <<.

Cerita menarik seputar perencanaan SEA Games 2011

Ada beberapa cerita yang menarik dalam perencanaan even ini, seperti pemilihan maskot dan tanggal maupun kota penyelenggaraannya. Sebelumnya pemerintah Palembang telah memilih gajah sumatera sebagai maskot melalui sayembara terbuka, tapi ada saran dari Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan KONI untuk menggunakan burung Rajawali. Akan tetapi dengan alasan sebagai upaya Indonesia untuk mempromosikan Taman Nasional Komodo sebagai kandidat New Seven Wonders of Nature (Tujuh Keajaiban Alam yang baru), maka diputuskanlah komodo sebagai maskot SEA Games 2011.

Keterkaitan dengan tanggal, bahwa pembukaan acara SEA Games 2011 ini telah dipilih tepat pada tanggal 11 November 2011. Pemilihan tanggal ini menurut pemerintah dikarenakan kebetulan memiliki kombinasi angka yang unik yakni 11-11-2011.

Selain itu, pada awalnya pemerintah mengumumkan bahwa SEA Games 2011 akan digelar di empat provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta, dan Sumatera Selatan. Bandung dan Semarang dipilih menjadi nominasi tuan rumah SEA Games 2011 menyusul janji Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla ketika pemilihan tuan rumah Pekan Olahraga Nasional 2012. Namun, untuk mengoptimalkan pelaksanaannya, Ketua KOI dan KONI, Rita Subowo, menunjuk 2 kota lain, yaitu Jakarta dan Palembang sebagai supporting hosts.

Pada akhirnya gagasan penyelenggaraan di empat Provinsi tersebut ditinggalkan, dan hasil akhir diberikan hanya kepada Palembang dan Jakarta. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menyarankan dua Provinsi cukup untuk menggelar SEA Games XXVI Tahun 2011, dengan alasan untuk mengurangi biaya operasional, serta mempermudah koordinasi penyelenggaraan

Palembang sendiri dipilih menjadi tuan rumah utama SEA Games XXVI berdasarkan keputusan Presiden SBY yang menilai Palembang merupakan kota yang paling bersemangat dengan disertai kesiapan fasilitas gelanggang olahraganya.

Walaupun banyak tanggapan negatif dari masyarakat Indonesia mengenai pembangunan sarana dan prasarana kegiatan tersebut, hendaknya penyelenggaraan even Internasional ini jangan menjadi penghalang bagi kita untuk berprestasi memberikan yang terbaik bagi Bangsa Indonesia. Majulah Olahraga Indonesia!!Thumbs up (jf).

Artikel Lainnya di Blog Ini, Silahkan Baca :

0 komentar: