Pelayanan Kepegawaian Nasional Online Melalui SAPK

Pada tanggal 25 Juli 2011, Pelayanan Kepegawaian Nasional Online melalui SAPK. Upaya Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam meningkatkan pelayanan kepegawaian di seluruh instansi Kementerian/ Lembaga Non Kementerian, BKD Provinsi/ Kabupaten/ Kota di Indonesia, telah melakukan kemajuan yang baik.

Dengan telah dilakukannya launching Penerapan  Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) berbasis Web, Selasa (19/7) di aula Gedung I Kantor Pusat BKN, maka mulai tanggal 25 Juli 2011, SAPK berbasis web akan diterapkan secara nasional dan akan terintegrasi dengan layanan Tabungan Asuransi Pensiun (Taspen).

Layanan SAPK

Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) berbasis web akan diterapkan dalam berbagai layanan kepegawaian yang dilakukan di BKN diantaranya dalam hal pengurusan kenaikan pangkat, mutasi, pensiun PNS. Untuk dapat menggunakan layanan ini, semua stakeholders BKN, khususnya unit kepegawaian di instansi Pusat maupun daerah termasuk Badan Kepegawaian Daerah (BKD) harus terkoneksi dengan SAPK.

Penerapan SAPK akan memungkinkan updating data yang dilakukan unit kepegawaian/ BKD, secara otomatis meng-update database Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di BKN. Dengan kondisi ini nantinya BKN akan memiliki database PNS seluruh Indonesia, yang akurat dan update.

Suka tidak suka, mau tidak mau, semua instansi yang terkait dengan masalah kepegawaian khususnya PNS di Indonesia, harus menggunakan aplikasi ini. Jika unit kepegawaian atau BKD tidak terkoneksi dengan SAPK, maka jangan harap penetapan NIP, pengajuan usul kenaikan pangkat, dan pertimbangan mutasi lainnya akan diterima oleh BKN. (jf).

Artikel Lainnya di Blog Ini, Silahkan Baca :

4 komentar:

Boku no Blog mengatakan...

Terimakasih share artikelnya,..
sukses selalu mas Jf

Jeff is Jefferson mengatakan...

Terima kasih kunjungan dan komennya. Sukses juga untuk Mas Lulusutopo :)

tatha mengatakan...

semoga sukses SAPK Provinsi Jambinya mas Jeff..

Jeff is Jefferson mengatakan...

Tatha, sip! Thanks, sukses untuk tatha77 nya :)