Menggunakan Fasilitas Statistik Blog di Blogspot

Statistik blog sangatlah penting bagi “hampir” seluruh blogger yang kebetulan menekuni dunia “internet marketing” ataupun yang menggunakan jasa blog/ website di internet dalam bisnis mereka. Bisa jadi fungsi statistik tersebut merupakan barometer dalam menentukan strategi terbaik dalam menjalankan usaha/ bisnis mereka.

Untuk mengetahui data jumlah pengunjung maupun informasi data-data perkembangan statistik blog saat ini cukup banyak tersedia. Baik yang berbayar maupun yang “gratisan”. Fungsi melihat statistik yang gratisan diantaranya adalah: Google analyticsflagcounter, dll.

Sebenarnya jika Anda kebetulan menggunakan blogspot, fasilitas statistik blog sudah tersedia cukup memadai, diantaranya, yakni:

  1. Menu Overview. Dalam menu ini Kita dapat melihat secara ringkas mengenai Posts, Traffic Sources, dan Audience.
  2. Jika Kita meng-klik pada menu Posts, maka akan ditampilkan banyaknya artikel-artikel postingan blog kita yang telah dilihat beserta jumlah pengunjung pada halaman artikel tersebut.
  3. Pada menu Traffic Sources, Anda dapat melihat Referring URLs (URL pengarah), Referring Sites (Situs Pengarah), dan Search Keywords (Pencarian Kata kunci).
  4. Selanjutnya pada menu Audience, akan menampilkan halaman pengunjung berdasarkan negara, browser pencarian dan operating sistem komputer yang digunakannya.
  5. Selain itu, keadaan waktu statistik dapat Anda lihat dalam hitungan saat ini, hari, minggu, bulan, maupun secara keseluruhan waktu aktif blog atau situs Anda sampai saat ini.

Cara menggunakan statistik blog di Blogspot sangatlah mudah, masuk saja di dashboard, kemudian klik “Stats”. Kira-kira gambarnya seperti ini.

Silahkan coba-coba klik pada pilihan yang ada, dan lihat detailnya dengan meng-klik tulisan “more” pada tampilan statistik yang Anda inginkan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.Smile(jf).

Artikel Lainnya di Blog Ini, Silahkan Baca :

0 komentar: