Jika Indonesia Belum Merdeka, Jangan Salahkan Pahlawan

Jika Indonesia saat ini belum “merdeka”, Jangan salahkan Pahlawan dan Pejuang kemerdekaan  negara ini. Saat itu mereka telah melakukan hal-hal yang terbaik untuk Bangsa ini. Mereka merupakan orang-orang terbaik yang telah memberikan singgasana Negara ini kepada generasi selanjutnya.

Bukankah 17 Agustus 1945 yang lalu merupakan hari kemerdekaan Indonesia?

Menurut Saya, mungkin secara “administrasi sejarah” boleh dikatakan begitu. Karena moment itulah yang telah dicatat ketika Saya masih duduk dibangku sekolah dengan menggunakan seragam “putih merah ”. Moment itu sangatlah penting bagi Bangsa ini. Walaupun saat itu masih ada negara lain yang belum mengakui tentang kebebasan Indonesia dari Penjajahan, tapi itu bukanlah menjadi hambatan untuk mengatakan bahwa “Hari Kemerdekaan Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945”.

Tapi apakah kemerdekaan yang seperti ini yang mereka (pahlawan) inginkan?

Mungkin ada sebagian orang yang beranggapan bahwa penjajahan itu hanyalah merupakan suatu penyerangan yang dilakukan oleh bangsa lain, atau penguasaan suatu negara terhadap negara lain. Tapi apakah penjajahan itu yang masih Kita ketahui saat ini?. Jika iya, mungkin anggapan tersebut ada baiknya untuk dikaji ulang kembali.

Saat itu, ada banyak hal yang membuat Bangsa ini menjadi erat dan bersatu dan menciptakan rasa nasionalisme yang sangat kuat. Diantaranya adalah rasa ketidak-inginan untuk selalu terbelengu dalam “ruang pembodohan”, “ruang kemiskinan”, “ruang kesewenang-wenangan”, “ruang pembenaran atas ketidak-benaran”, dan “ruang hampa atas kreasi dan kreatifitas anak negeri ini”.

Apakah Kita mampu seperti mereka?

Walaupun sangat sulit, tetapi tidak ada sesuatu yang mustahil! Ketika Kita mampu untuk meningkatkan kadar nasionalisme yang nyaris memudar, dan ketika Kita sanggup untuk menghancurkan “ruang-ruang” bobrok yang sangat subur “tumbuh liar” di negara ini, pasti perjuangan mereka tidak akan sia-sia.

Semoga Kita semua setuju bahwa tidak akan pernah menyia-nyiakan jasa pahlawan dan melupakan sejarah, karena ketika Kita melupakan jasa-jasa mereka, jangan harap jasa-jasa Kita akan dapat menjadi kebanggaan pada generasi akan datang.

Berbuat yang terbaik sekarang, biarkan anak cucu Kita menikmati hasilnya. (jf).

Artikel Lainnya di Blog Ini, Silahkan Baca :

0 komentar: