Apakah Negara Ini Sudah Merdeka ?

Tidak salah jika Pahlawan dan Pejuang Kemerdekaan Indonesia hanya menghantarkan Kita “kedepan pintu gerbang kemerdekaan” saja. Hal itu bukanlah salah mereka, menurut Saya, itu merupakan tindakan bijaksana dan terbaik yang mereka lakukan. Gerbang kemerdekaan bukanlah merupakan akhir dari perjuangan mereka, tapi merupakan awal dari perjuangan Kita untuk meneruskan “estafet perjuangan” untuk menempati dan menikmati yang namanya “ruang kemerdekaanNegara Kesatuan Republik Indonesia.

Indonesia itu sangat besar dan luas, sama halnya dengan suatu bangunan yang memiliki “ruang” besar dan luas serta dengan “penunggu-penungguVampire bat” yang sangat beraneka ragam. Mulai dari “penunggu proyek”, “penunggu anggaran”, “penunggu hukum”, “penunggu birokrasi”, “penunggu kebijakan”, “penunggu keadilan”, dan “penunggu-penunggu lainnya” yang sangat banyak untuk Saya sebutkan semua.

Jadi Apakah negara Indonesia sudah merdeka ?!

Mungkin saat ini Saya terlalu bodoh atas ketidak-mampuan untuk menjawab pertanyaan ini sekarang. Alasan ketidak-mampuan Saya ini bukan mengada-ada, karena banyak hal yang menurut Saya sangat sulit dicerna oleh “akal sehat” masyarakat Indonesia saat ini.

Coba saja lihat, bagaimana dengan mudahnya uang negara ini harus jatuh ketangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Berapa besar jumlah uang rakyat yang “akan” terus hilang tanpa tahu siapa yang mengambilnya? kalaupun sudah terbukti pelaku yang mengambilnya, ternyata hanya ditanggapi dengan hal yang biasa-biasa saja dan justru mendapatkan fasilitas yang sangat nyaman.

Banyak hal lainnya yang membuat orang-orang semakin “muak” dan “bosan”, disaat harus menyaksikan “sandiwara kebohongan dan kebodohan” yang terus dipertunjukkan tanpa ada rasa “malu”, karena masyarakat pasti sudah mengetahui “ending strory” sandiwara tersebut. Seperti sedikit contoh sandiwara yang ada, yakni “sandirawa century” dan “sandiwara sarana atlet SEAGames 2011”.

Jadi Apakah Bangsa Indonesia sudah merdeka ?!

Tolong jangan memaksa Saya untuk mengakhiri tulisan ini dengan pernyataan bahwa saat ini “Indonesia sudah merdeka”. Tulisan ini hanya sekedar ingin mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang demi Negara, dan seraya menundukkan kepala dikarenakan “MALU” untuk memandang potret mereka yang dulu sempat terpajang rapi disetiap sudut sekolah di Negeri ini.

Catatan sederhana Saya ini merupakan ucapan selamat, terima kasih dan bangga kepada INDONESIA yang telah berusia ke-66 Tahun. BAKTI-ku untuk BANGSA INDONESIA, ABDI-ku untuk NEGARA INDONESIA. DIRGAHAYU INDONESIA! (jf).

Opiniku di : Kompasiana

Artikel Lainnya di Blog Ini, Silahkan Baca :

0 komentar: