Peluang Google+ untuk dapat menggeser facebook

Bukan hal yang mudah untuk menggantikan suatu tren yang telah menjadi gaya hidup dalam jaringan sosial masyarakat, dengan sesuatu hal yang baru. Akan tetapi, dalam dunia tehnologi informasi yang terus semakin maju, semua bisa saja terjadi. Seperti yang pernah dialami oleh friendster yang harus rela ditinggalkan oleh penggemarnya ketika facebook muncul dengan tawaran fitur-fitur yang diminati saat ini.

Menurut Saya, peluang google+ untuk menggeser posisi social networking facebook saat ini masih sangat berat. Mungkin google+ akan lebih cenderung menjadi “opisisi” seperti halnya twitter, dan layanan jejaring sosial sejenis lainnya. Google membutuhkan suatu formula yang lebih tepat dan baik dari facebook untuk dapat mencuri hati penggunanya.

Google memang situs web yang sangat besar, akan tetapi dalam hal layanan “jejaring sosial” masih belum mampu sehebat search engine-nya. YouTube? Memang itu juga termasuk layanan jejaring sosial terbesar yang dimiliki oleh google, tapi itu bukan murni dari proses penciptaan oleh google, karena YouTube merupakan layanan hasil akuisisi oleh google.

Beberapa fitur google+ memang hampir mirip dengan facebook, namun ada fitur tambahan yakni fitur “live video” yang memungkinkan orang-orang melakukan komunikasi langsung secara “live” dengan menggunakan video kamera atau webcam. Akan tetapi fitur ini pun akan di lengkapi oleh facebook dengan menggandeng skype.

Upaya google menciptakan google+ merupakan suatu usaha yang sangat positif dalam perkembangan dunia informasi. Hal ini pun akan menciptakan iklim persaingan layanan social networking yang lebih baik dan sehat.

Pada akhirnya semua menjadi pilihan Anda masing-masing, dan semua hal tersebut diharapkan dapat menjadi keuntungan bagi seluruh penggunanya di dunia. Baik dalam hal kemudahan, kenyamanan, serta kecanggihan untuk mendapatkan informasi.

Opiniku di: Kompasiana

Artikel Lainnya di Blog Ini, Silahkan Baca :

0 komentar: