Gerhana Bulan di Google

Setelah dini hari tadi (kamis, 16 Juni 2011 sekitar mulai 00.23 WIB hingga 06.02WIB ) terjadi gerhana bulan atau “Total Lunar Eclipse”, google pun membagikan tayangan peristiwa tersebut kepada seluruh penggunanya yang diperoleh dari hasil pantauan dan kerjasama dengan Slooh Space Camera.

Tampilan awal yang muncul ketika kita menggunakan mesin pencari tersebut merupakan rekaman foto dari fase-fase selama kejadian gerhana bulan tersebut berlangsung.

Kejadian Gerhana Bulan total kali ini bisa disaksikan di wilayah Eropa, Afrika, Amerika Selatan, Australia, dan Asia, termasuk Indonesia. Wilayah timur Afrika, Timur Tengah, Asia Tengah, dan barat Australia bisa menyaksikan keseluruhan tahap gerhana. Di Indonesia, wilayah yang keberuntungan yang sama adalah Sumatrra, Jawa, Kalimantan, dan sebagian Nusa Tenggara.

Durasi totalitas gerhana kali ini akan menjadi salah satu yang terpanjang dalam 100 tahun. Totalitas gerhana yang bisa menandingi terjadi pada pada 16 Juli 1935 selama 101 menit, 6 Juli 1982, dan 16 Juli 2000 selama 107 menit. Totalitas gerhana yang panjang berikutnya diperkirakan terjadi pada 27 Juli 2018 selama 106 menit.

Gerhana Bulan total dapat diamati dari sebagian besar wilayah Indonesia. Fenomena tersebut akan berlangsung mulai pukul 00.25 WIB dan berakhir pada 05.59 WIB. Gerhana totalnya akan berlangsung pada pukul 02.22 WIB hingga pukul 04.02.

Jadi buat teman-teman yang belum sempat melihat kejadian dini hari tadi, silahkan saja buka google sekarang, mumpung masih ditayangkan. (jf).

Referensi: Kompas, National Geographic Indonesia

Artikel Lainnya di Blog Ini, Silahkan Baca :

2 komentar:

Mahendra-Jambi mengatakan...

salam untuk blogger jambi....mantap nih..

Jeff is Jefferson mengatakan...

Sip..Terima Kasih atas komentarnya. Salam Blogger Jambi.. :)