Pasangan William-Middleton Sumbang Konservasi Harimau Sumatera

Calon pengantin Kerajaan Inggris, Pangeran William dan Miss Kate Middleton, yang akan melangsungkan pernikahan 29 April 2011 mendatang, telah meminta kepada siapa saja yang ingin memberikan kado pada Acara pernikahan mereka, untuk dapat mengalihkan kado tersebut menjadi sumbangan bagi lembaga-lembaga nirlaba yang telah ditunjuk.

The Zoological Society of London (ZSL), sebuah organisasi konservasi satwa liar dunia yang bermarkas di London, Inggris, telah ditunjuk sebagai salah satu penerima hibah tersebut. Saat ini ZSL memiliki kegiatan penyelamatan satwa liar terancam punah di lebih dari 50 negara, mulai dari penyelamatan harimau sumatera dan hutan gambut yang kaya karbon di Indonesia hingga kegiatan translokasi untuk menyelamatkan badak hitam dari kepunahan di Kenya. “Dengan adanya sumbangan dari pernikahan pasangan Kerajaan Inggris ini, akan memungkinkan ZSL untuk lebih mengembangkan proyek-proyeknya dalam menyelamatkan satwa-satwa kharismatik dunia”, demikian ungkap Rebbeca Smith, press officer ZSL, dalam siaran persnya yang disebarkan 16 Maret lalu.

Dalam siaran pers yang dirilis 16 Maret tersebut, Direktur Jenderal ZSL, Rallph Armond, yang berkantor di London mengatakan, “Kami sangat senang dan bangga telah dipilih oleh Pangeran William dan Miss Middleton sebagai salah satu lembaga penerima manfaat atas sikap mulia mereka”. “Melindungi satwa liar dan habitatnya untuk generasi mendatang, merupakan satu kado pernikahan yang benar-benar indah”, imbuh Armond.

Di Indonesia, selama 8 tahun terakhir ZSL secara aktif mendampingi pemerintah dalam upayanya melestarikan harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), salah satu dari enam jenis harimau yang masih tersisa di dunia. “Selama dua tahun terakhir kami sedang menyusun mekanisme pemanfaatan keuntungan dari perdagangan karbon untuk melestarikan keanekaragaman hayati, terutama harimau sumatera, di satu taman nasional di Provinsi Jambi”, demikian kata Dolly Priatna, Country Coordinator ZSL Indoensia.

Seperti kita ketahui bahwa Indonesia pernah memiliki tiga jenis harimau, namun dua di antaranya yaitu harimau bali (Panthera tigis balica) dan harimau jawa (Panthera tigris sondaica) telah punah masing-masing dalam tahun 1940-an dan 1980-an. Dengan demikian telah menjadikan harimau sumatera merupakan satu-satunya jenis harimau yang dimiliki Indonesia.

“Ini merupakan satu ide yang sangat cemerlang yang perlu ditiru para pesohor Indonesia, dimana kemegahan pernikahan yang akan dipertontonkan, akan dihiasi dengan kepedulian mereka terhadap pelestarian satwa liar”, imbuh Dolly.

Siapa saja yang berniat memberi kado pada pernikahan pasangan Kerajaan Inggris ini sumbangan dapat dilakukan melalui situs www.royalweddingcharityfund.org. Sumbangan yang terkumpul akan didistribusikan ke lembaga-lembaga penerima oleh Yayasan Pangeran William dan Pangeran Harry.

Referensi: Kompasiana

Artikel Lainnya di Blog Ini, Silahkan Baca :

0 komentar: