10 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Banyak orang pasti memiliki alasan dan argumentasi yang berbeda-beda dalam menanggapi hal yang namanya Percaya Diri atau “PD”.

Pada dasarnya setiap orang memiliki suatu keunikan dan kemampuan yang telah tertanam dalam paket wujud ketika dilahirkan. Namun, terkadang kita kurang mau menggali potensi maupun mempertajam kemampuan dalam diri kita sendiri.

Banyak orang yang bertanya, bagaimana tips cara menumbuhkan rasa percaya diri, cara menentukan masa depan, cara menentukan pilihan hidup, cara menjadi sukses, cara berhasil secara cepat, cara menjadi kaya, dll.

Terkait masalah ini, Saya coba memberikan sedikit ilustrasi dan penjelasan yang sederhana untuk teman-teman semua.

  1. Tidak ada orang yang sempurna. Jika kamu masih menganggap masalah fisik menjadi penghalang untuk tampil percaya diri, maaf tips ini akan sia-sia! Tapi jika menganggap itu NO PROBLEMO, Lanjutkan! Kamu telah berhasil melewati poin yang pertama!.
  2. Kenali dirimu, jadilah diri sendiri. Terkadang ketika kita berani untuk menunjukkan jati diri kita sendiri, orang akan cepat mengenali dan mengetahui siapa kamu.
  3. Rencanakan target dan tujuan. Semua hal yang memiliki tujuan dan rencana yang baik, pasti akan menemukan hasil maupun tempat yang baik pula.
  4. Mulailah dengan satu langkah. Untuk memulai sesuatu memang tidak mudah, tapi agar diketahui juga, sampai kapan kita harus berhenti dan tetap diam?!!
  5. Selalu berpikir positif. Jangan menganggap apa yang akan dilakukan pasti sia-sia. Lakukan hal yang terbaik, jangan pernah takut akan kegagalan.
  6. Jangan Anti-Saran dan kritikan. Posisikan diri kita sebagai “konsep”, dan biarkan orang lain menilai. Gunakan saran, kritikan dan penilain tersebut menjadi koreksi dan perubahan sikap dan kemampuan kita.
  7. Berikan tampilan dan pertunjukkan yang baik. Pada poin ini, dibutuhkan pemahaman dan latihan yang baik. Ketika kita ingin menghadapi orang lain, berusahalah untuk berpenampilan yang sopan dan rapi. Selain itu, tunjukkan sikap perhatian maupun respon yang baik, serta ciptakan nuansa yang bersahabat dan bersahaja.
  8. Bawa bekal yang cukup. Ketika menghadapi orang maupun suatu masalah, kita haruslah memiliki bekal pengenalan, pengetahuan, dan pengalaman yang cukup (banyak, lebih baik). Tekun belajar, pahami dan cobalah belajar mengerti akan kondisi dan sikap orang lain. Selain itu, penuhi mesin pemikiran dengan ilmu dan pengetahuan, ataupun segala hal yang baik dan berguna bagi orang lain. Suatu saat, bekal tersebut dapat kamu gunakan dalam mewujudkan keinginan dan impianmu.
  9. Nikmati “proses” dan jangan instan. Berusahalah untuk tetap menikmati segala proses yang ada. Ketika kita harus belajar, mencari, merencanakan, melangkah, terpuruk/ jatuh, mengalami rugi/ untung, nikmati saja proses tersebut, karena nantinya “proses” tersebut akan menjadi “pengalaman” yang sangat berharga!.
  10. Selanjutnya, biarkan Tuhan yang mengaturnya.

“Sesuatu dari luar mungkin dapat mempengaruhi sikap kita, akan tetapi, akan lebih efektif dan bijak bila kita melakukan dari dalam diri sendiri”. Jeff©.(jf). Smile

Artikel Lainnya di Blog Ini, Silahkan Baca :

4 komentar:

BAHRUL HUZEIN mengatakan...

terikasih ya gan

Jeff is Jefferson mengatakan...

@BAHRUL HUZEIN: Sama-sama Gan, terimakasih atas kunjungannya, semoga tidak kikuk banget :D

Karel Guzman mengatakan...

Terimakasih .... gan

Jeff is Jefferson mengatakan...

@Karel Guzman : Sama-sama gan, semoga sukses selalu :D