Cara Akses Pencarian Google co id dan Google com

Pernah beberapa hari yang lalu teman menanyakan mengapa ketika kita akan mencari informasi melalui google akan otomatis di arahkan melalui google.co.id? Walaupun kita telah mengetikkan google.com pada browser kita, baik internet explorer, firefox, opera.

Mengapa harus menggunakan google.com jika kita hanya mencari informasi yang berada di Indonesia…?, tidak masalah toh kalau kita menggunakan google.co.id. Selain hasil pencariannya lebih spesifik, penyajian bahasanya pun lebih dominan bahasa Indonesia. Lain hal jika kita yang sudah terbiasa dan ingin mendapatkan Informasi dari negara lain, ya…silahkan saja menggunakan google.com yang merupakan link Internasional (USA).

Sebenarnya google telah memberi kemudahan bagi penggunanya dalam melakukan pencarinya pada masing-masing negara di dunia ini. Sebagai search engine atau mesin pencari yang handal, google di tiap negara dibuat unik dan berbeda. Seperti halnya di Indonesia diberikan identifikasi kode [id] menjadi google.co.id yang menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu ditambahkan pula versi bahasa sunda “sundanese” melalui link http://www.google.com/intl/su/, ataupun versi bahasa jawa dengan menggunakan link http://www.google.com/intl/jw/.

Di negara lain pun diberikan kode yang berbeda, misalnya jepang: http://www.google.co.jp/, New Zealand: http://www.google.co.nz/, India: http://www.google.co.in/, Hongkong: http://www.google.com.hk/, Arabia (saudi): http://www.google.com/intl/ar/ dan http://www.google.com.sa/, dan lain sebagainya.

Penggunaan link-link akses pencarian yang berbeda tersebut tidaklah terlalu jauh berbeda, karena sama-sama menggunakan database si-google itu sendiri. Akan tetapi yang sedikit membedakan hasil pencariannya adalah bahasa dan maksud informasi yang kita inginkan. Seperti contohnya ketika kita mengetik kata “sexy” di google.com, maka hasil pencarian akan lebih dominan muncul informasi seputar “sexy seputar kesehatan dan “education”, dan coba Anda ketikkan kata yang sama di google.co.id, maka akan lebih dominan keluar informasi mengenai “hal-hal yang “wow”, “fulgar”, dsb”. Silahkan Anda coba sendiri…Open-mouthed smile

Lalu bagaimana caranya mengubah link pencarian google.co.id menjadi google.com? sederhana saja, ketika sebelumnya kita hanya mengetikkan google.com, maka tambahkan “ncr” (no country redirect) di belakangnya, menjadi http://www.google.com/ncr.

Selain google, ada juga mesin pencari yang juga dapat kita gunakan, seperti halnya: ASR Search Engine, penggunaanya sangat sederhana. Tapi semua itu kembali pada Anda, mana yang terbaik bagi Anda.

Semoga bermanfaat dan selamat ber-googling…Angel(jf)

Artikel Lainnya di Blog Ini, Silahkan Baca :

0 komentar: